Tips Merawat Rambut Bercabang

Rambut kering dan bercabang bisa karena disebabkan oleh bahan kimia atau beberapa hal lainnya, seperti:

> Terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama.
> Menggosok rambut menggunakan handuk setelah selesai keramas.
> Menggunakan cat rambut.
> Menggunakan berbagai macam obat juga dapat merusak rambut.
> Terlalu sering pergi ke salon, sebab biasanya salon menggunakan bahan kimia.
> Kurang asupan nutrisi
> Pengaruh cuaca
> Usia rambut, dll

Cara Merawat Rambut Kering dan Bercabang Secara Alami:

Cuka Apel
Cuka apel berkhasiat untuk mengurangi rambut rusah dan membuat rambut menjadi lebih halus. Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir cuka sari apel dan tambahkan air secukupnya, oleskan campuran tersebut ke area rambut setelah keramas saat rambut masih basah, diamkan sekitar 10 menit lalu bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo.

Minyak Alami
Minyak kelapa, minyak bunga matahari atau minyak almond dapat digunakan untuk merawat rambut kering dan bercabang, serta meningkatkan kelembutan pada rambut. Caranya dengan mengoleskan minyak alami pada rambut setelah keramas, bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Minyak Zaitun
Untuk menambah kelembutan dan kesehatan rambut, dapat mengaplikasikan minyak zaitun hangat pada area rambut sebelum keramas, diamkan sekitar 5 menit lalu bilas menggunakan shampo. Lakukan cara tersebut sekali dalam dua minggu.

Mayones
Asam lemak pada mayones berkhasiat untuk melembutkan rambut dan membantu meningkatkan alami rambut. Caranya dengan mengoleskan satu sendok makan mayones pada area rambut yang sudah selesai keramas dan dikeringkan, bungkus rambut dengan shower cap atau handuk panas, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Membersihkan Rambut
Usahakan jangan terlalu sering berkeramas, sebab akan mengurangi kelembapan kulit kepala sehingga menyebabkan rambut kering. Biasakan keramas dua hari sekali menggunakan shampo yang mengandung vitamin E, sebab sangat baik untuk membantu memperbaiki rambut rusak. Usahakan saat berkeramas menggunakan air dingin, tidak dengan air hangat.

Gunakan Kondisioner Sesuai Jenis Rambut
Kondisioner dapat membantu menjaga kelembapan rambut. Gunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut agar rambut tidak semakin rusak.

Alpukat
Alpukat dapat membantu kelembapan pada rambut yang kering dan bercabang. Caranya hanya dengan mengoleskan alpukat yang sudah ditumbuk halus dan ditambahkan sedikit santan pada kulit kepala, diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih.


Sumber: eswete.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar