Mengapa Tubuh Selalu Mengeluarkan Daki?


Bagi Anda para wanita yang rajin merawat diri dengan berlulur 1-2x seminggu, pasti selalu mendapati tubuhnya selalu mengeluarkan daki walau sudah rajin dibersihkan. Apakah karena perawatannya selalu kurang bersih? Apakah karena polusi dari jalanan? Ataukah ada hal lain sehingga daki selalu muncul walau kita sudah membiasakan diri hidup bersih dan sehat? Jawabannya, bisa ya, bisa tidak. Loh?


Begini, tubuh berdaki memang bisa disebabkan karena banyak faktor. Bisa karena kita sendiri yang kurang rajin men-scrubnya, atau bisa jadi karena ada polusi, atau karena sel-sel kulit kita beregenerasi. Jika ingin tahu terbentuknya daki, dan cara membersihkan kulit dengan sehat dan benar, silakan scroll-down terus artikel ini :)
Tubuh kita terdiri atas sel-sel yang sangat kecil. Di antara sel-sel ini, ada sel yang sudah tua dan mati, ada pula yang baru terbentuk. Ketika sel baru terbentuk, sel yang tua dan mati akan mengeras dan muncul di permukaan kulit, dan akan keluar jika kita menggosoknya dengan lembut. Kulit manusia berfungsi mencegah air masuk ke dalam tubuh, menjaga kelembapan agar tubuh tidak mengering, serta melindungi tubuh dari kuman dan debu.

Itu sebabnya sel kulit bekerja keras. Dan jika tugasnya selesai ia berubah menjadi daki. Dengan kata lain daki adalah sel kulit mati yang keluar dari tubuh kita. Karena itu tidak ada daki pun tubuh kita tidak apa-apa. Sebaliknya, apabila daki menumpuk, itu tidak bagus untuk kesehatan. Meskipun sedikit repot, sebaiknya kita secara teratur menggosok tubuh agar tetap bersih.

Cara Membersihkan Daki dari Kulit dengan Mudah, Aman, dan Murah:

1. Gunakan Scrub Mandi

Seperti yang sudah saya katakan diatas, mandi dua kali sehari saja belum cukup untuk menghilangkan daki yang membandel di kulit. Lebih dari itu, anda bisa menggunakan body scrub yang bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran lain yang menempel pada kulit. Selain bisa menyelesaikan masalah daki anda, body scrub ini juga bisa membuat kulit lebih halus dan wangi. Atau kalau mau murah, anda bisa menggunakan garam dan gula yang dicampur dengan sabun cair untuk menggosok tubuh anda.

2. Gunakan Lulur Kopi

Cara menghilangkan daki dengan cara luluran kopi ini termasuk mudah untuk dipraktekkan. Anda hanya perlu menyeduh beberapa sendok kopi dengan air hangat, lalu gosokkan lulur kopi yang masih hangat tadi ke bagian tubuh yang banyak dakinya, setelah itu diamkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Jika dilakukan secara teratur minimal seminggu sekali, anda akan bisa melihat hasilnya.

3. Gunakan Campuran Beras dan Jeruk Nipis

Seperi cara diatas, kali ini anda hanya perlu mencampurkan tumbukan beras yang sebelumnya telah disangrai (digoreng tanpa minyak) dengan sedikit minyak zaitun dan air perasan jeruk nipis. Setelah selesai, silahkan gunakan ramuan ini untuk luluran sambil sedikit mengurut kulit.

4. Gunakan Batu Apung

Setelah selesai mandi usahakan selalu menggosok kulit yang masih dalam keadaan basah dengan menggunakan batu apung atau penyikat badan yang biasa dijual di supermarket. Dengan cara yang murah meriah ini, kotoran di kulit akan langsung rontok tanpa sisa. Namun yang perlu diingat, jangan sampai menggosok badan dalam keadaan kering karena kulit akan lecet dan luka-luka.

5. Jagalah Kebersihan

Mungkin ini adalah cara yang paling penting dari cara-cara menghilangkan daki diatas. Seperti yang kita tahu bahwa daki timbul karena adanya kotoran di kulit. Untuk itu jagalah tubuh agar tetap bersih, sering-seringlah mencuci muka, mandi dua kali sehari, kalau yang punya uang banyak silahkan rajin-rajin luluran dan SPA. Selain itu, penggunaan pemutih kulit terutama yang mengandung hidrogen peroksida dalam jumlah yang ideal, pelembab kulit (lotion), dan penggunaan tabir surya terutama di daerah-daerah yang sering terkena sinar matahari akan sangat membantu menangkal masuknya kotoran dari luar ke kulit.

1 komentar: