Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya


Silakan baca artikel berikut jika Anda masih merasa bermasalah dengan selulit di tubuh Anda.


Selulit atau singkayo bukanlah suatu penyakit, melainkan gumpalan–gumpalan kulit kecil akibat dari terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh. Sebagian lemak yang gagal dibuang oleh tubuh ini akan menggumpal dan biasanya berbentuk seperti kulit jeruk sunkist dan pada wanita yang sudah tua selulit keluar seperti urat halus berwarna kehijauan atau kemerahan. Selulit tidak hanya menghampiri wanita bertubuh gemuk, tetapi juga wanita kurus. Hal ini dikarenakan beberapa faktor psikis dan fisiologis yang dihadapi wanita.

Selulit seringkali ditemukan pada paha, pinggir paha, sekitar selangkangan paha, bokong, perut dan pada orang gemuk biasanya terdapat di sekitar lipatan kulit belakang lutut dan juga terkadang terdapat pada ibu hamil. Selulit pada remaja wanita dewasa biasanya pertama kali terjadi ketika kali pertama menstruasi. Hal ini dikaenakan kadar estrogen yang meningkat sesaat sebelum haid. Selulit akan bertambah banyak atau menyebar pada sekitar paha seiring berkembangnya siklus menstruasi.
Ada beberapa orang yang memiliki selulit mengakibatkan rasa gatal bila di garuk akan bertambah lebar, dan pada remaja wanita atau wanita dewasa selulit biasanya berwarna agak hitam dengan garis putih disetiap tepinya.

Penyebab Selulit :
* Faktor hormon
Seperti hormon esterogen terbentuk ketika masa pubertas, hamil, dan meopause.

* Faktor Fisik
Terjadi ketika adanya perunbahan pada lapisan lemak dibawah kulit

* Sering Duduk
Keseringan duduk juga dapat memunculkan selulit ditambah bila dalam posisi yang kurang benar

* Sering berjalan
Sering berjalan adalah baik untuk kesehatan namun setelah berjalan lama tentunya saat duduk harus di luruskan kakinya.

* Faktor makanan
Seperti halnya makanan manis dengan kadar gula banyak, makanan asin, makanan berlemak seperti daging, coklat, sosis, mentega, krim

Cara Menghilangkan Selulit

1. Aktivitas fisik : Olahraga memang dapat memperlancar sikrkulasi darah, dapat mmbaka lemak berlebih dalam tubuh, membuat otot tubuh mejadi lebih kencang.

2. Mengurangi berat badan : Orang yang memiliki berat badan lebih, resiko terjadi selulit tinggi. Dikarenakan penumpukan lemak dalam tubuh tinggi, namun bukan berate orang yang bertubuh langsing bebas dari selulit.

3. Pola Makan Sehat : Pola makan yang harus Anda terapkan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral yang cukup sehingga meningkatkan kerja kulit agar keringat mudah keluar dan mempermudah pembuangan kotoran. Jangan mengkonsumsi makanan dengan kada gula yang tinggi, karena gula membuat serat-serat kolagen yang ada di arteri atau pembuluh darah mengeras. Akibatnya, sirkulasi tubuh melambat. Selain itu makanan yang terlalu banyak mengandung garam juga tidak dianjurkan, karena tubuh akan menghilangkan kelebihan garam dengan menahan cairan di dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan terjadinya selulit.

4. Pijat : Pijat dapat mereflesikan urat syaraf dan otot – otot terutama pada sekitar kaki, betis dan paha agar tidak menegang. Pijat juga dapat membantu anda untuk mengatasi selulit. Pijat dapat memperlancar sirkulasi darah, dan menghancurkan tumpukan lemak dalam tubuh. Namun anda harus berhati-hati dalam pemijatan harus dilakukan secara lembut dan oleh oang yang ahli.

5. Hentikan merokok : Merokok dapat memperburuk selulitis karena menghambat suplai makanan ke kulit dan membanjiri tubuh anda dengan racun.

6. Kurangi stress : Stres menyebabkan perubahan hormonal yang dapat mempengaruhi kulit. Kortisol adalah hormon stres yang dapat menyebabkan penipisan kulit dan meningkatkan pnyimpanan lemak.

7. Lulur kopi : Caranya membalurkan ampas kopi yang masih hangat pada bagian tubuh yang terdapat selulit, diamkan sejenak kira – kira 10 menit, lalu bilas dengan air hangat, jika perlu sebelum mandi bersih rendam handuk kecil atau basuh bagian tubuh yang terkena selulit dengan air hangat yang dicampur garam, lalu bilas dengan air bersih.


Semoga bermanfaat, Ladies :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar