10 Manfaat Rahasia Bangun Pagi yang Tak Banyak Orang Tahu


Ada yang masih sering bangun siang atau kesiangan? Ada yang masih sering menggerutu jika harus bangun pagi-pagi? Ada yang masih sering lesu dan sebal saat harus bangun lebih awal?

Berdasarkan penelitian dari para ahli dan anjuran dari para orang bijak di masa lalu, ada banyak sekali manfaat dari bangun pagi sebelum matahari terbit. Kalau Anda mahasiswi atau karyawati kantor, mungkin bangun pagi sudah menjadi 'kewajiban' agar tidak terlambat. Atau jika Anda mungkin seorang Muslim yang taat? Bangun pagi merupakan suatu keharusan agar dapat sembahyang tepat waktu. Tapi benarkah Anda benar-benar tahu manfaat di balik bangun pagi? Jujur pasti tidak banyak orang tahu. Simak ulasan berikut:

1. Memperbaiki dan Menjaga Kesehatan
Karena bangun pagi dapat mendorong kita untuk melakukan aktivitas tambahan. Berolah raga misalnya. Dengan berolah raga, kita masih mendapatkan udara segar pagi hari yang diperlukan oleh tubuh. Karena asupan oksigen kita baik dan lancar, maka berfungsi baik pula lah kinerja otak dan paru-paru. Karena pergerakan tubuh akibat berolah raga tadi, peredaran darah pun juga lancar dan kita menjadi lebih fit.

2.Memperoleh Kalisium dan Vitamin D untuk Tulang
Paparan sinar matahari antara pukul 07.00-09.00 masih merupakan paparan sinar matahari pagi yang baik karena banyak mengandung vitamin D dan belum terlalu banyak terdapat sinar UV yang merusak kulit. Vitamin D dikenal baik berfungsi sebagai vitamin yang dapat menguatkan tulang.

3. Membuat Anda Bahagia
Peneliti dari Roehampton University di Inggris juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” ungkap peneliti Dr Joerg Huber, yang dikutip melalui medicmagic.net.

4. Waktu untuk Sarapan
Karena Anda memiliki waktu lebih banyak, maka pasti Anda sempat memakan sarapan Anda bila bangun pagi. Sarapan berfungsi sebagai penambah daya konsentrasi saat Anda memulai aktivitas Anda di pagi hari.

5. Mengasah Pikiran dan Hati
Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk pengembangan diri, misalnya, untuk membaca buku atau memulai suatu hobi seperti menulis. Suasana yang masih tenang akan menjadi anugerah yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan diri secara profesional, emosional, fisik, mental, dan spiritual.

6. Menggunakan Waktu untuk Berpikir
Pakar keuangan James Citrin pernah mengatakan, “Heningnya pagi seringkali terjadi ketika pikiran kita sedang jernih, dan memungkinkan untuk memecahkan persoalan penting.” Artikelnya yang berjudul Tapping the Power of Your Morning Routine, akan memberikan wawasan pada Anda betapa berharganya waktu pagi. Dalam artikel tersebut Jim juga melaporkan bahwa 80% pejabat perusahaan yang diwawancaranya bangun pukul 05.30 atau lebih pagi.

7. Melakukan Meditasi
Meditasi menyebabkan keseimbangan emosional dan kesejahteraan diri. Jika Anda mengawali hari dengan bermeditasi, Anda akan membawa keseimbangan dalam hidup Anda sepanjang hari, dan memerbaiki kualitas hidup Anda. Pagi menjadi waktu yang lebih baik untuk meditasi karena pikiran Anda masih segar, rileks, dan otak masih tajam.

8. Membereskan Hal-Hal Kecil
Bereskan hal-hal kecil yang harus Anda lakukan lebih dulu untuk menyelesaikan tugas yang lebih besar pada hari itu. Misalnya, balas dulu email-email yang belum dibuka di inbox, supaya tidak menyita perhatian Anda. Anda pun memunyai waktu untuk membereskan rumah sebelum pergi bekerja.

9. Mendahului Kemacetan
Warga kota besar di Indonesia setiap pagi kerap bertemu dengan kemacetan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa berangkat ke kantor lebih pagi. Dengan tiba di kantor lebih awal, Anda bisa menggunakan waktu yang masih ada untuk melakukan berbagai hal, entah itu membaca, olahraga, merencanakan kegiatan dalam sehari, dan lain sebagainya.

10. Tidur Lebih Berkualitas
Seperti diketahui dengan tidur yang cukup mampu mengurangi berbagai efek negatif pada tubuh, seperti penuaan dini atau kerutan pada wajah. Dengan bangun pagi, irama pada tubuh akan menjadi stabil. Kondisi ini secara tidak langsung akan memperbaiki kualitas tidur Anda setiap hari.



Credit: Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar