Tips Merawat Baju Sifon Kesayangan

Pakaian berbahan chiffon banyak disukai, karena karakteristik bahannya yang lembut, ringan, dan tipis. Apalagi,  bahan ini sangat bisa diandalkan untuk memberikan kesan romantis dan feminin bagi mereka yang menggunakan.


Dari rok lipit, blouse, hingga maxi dress menjadi salah satu busana berbahan chiffon yang wajib ada di dalam lemari. Bagi Tuty Adib, desainer yang konsisten menggunakan bahan ringan ini sejak 12 tahun yang lalu, chiffon menjadi bahan favoritnya dalam berkarya karena mudah untuk diolah. Apalagi, desainer busana muslim ini sering membuat busana bertumpuk agar terlihat detil-detil yang lebih manis.


"Meski ditumpuk-tumpuk, bahan chiffon sangat nyaman dan tidak akan panas jika digunakan di siang hari," ujarnya dalam acara peluncuran bukunya yang berjudul 'Flowing'.

Agar keindahan chiffon bisa bertahan lama, memang diperlukan perawatan khusus. Karena, kalau Anda tidak berhati-hati, serat benang dari bahan chiffon akan mudah putus atau bolong karena tersangkut. Untuk itu, rawat busana berbahan chiffon kesayangan dengan empat langkah berikut.

1. Pencucian
Ketahui terlebih dahulu termasuk chiffon apakah pakaian Anda. Kalau termasuk chiffon polyester atau campuran sutera, Anda bisa mencucinya dengan tangan secara manual dengan detergen formula lembut. Anda juga bisa mencucinya dalam mesin cuci berkecepatan rendah tanpa dimasukkan ke mesin pengering.

Tapi, kalau pakaian Anda termasuk chiffon sutera, lebih baik Anda melakukan dry clean di laundry karena jenis bahan ini tidak dapat terkena air. Pastikan tempat laudry Anda mengerti cara dry clean bahan chiffon. Karena zat kimia yang digunakan saat proses pencucian bisa merapuhkan serat chiffon sutera.

2. Warna
Saat pencucian, bahan chiffon tidak bisa digabungkan dengan warna lain karena sifatnya yang mudah menyerap warna.

3. Susut
Karena memiliki tenunan yang renggang, bahan chiffon akan menyusut setelah dicuci. Tapi, jangan khawatir. Biasanya, para desainer mencuci bahan chiffon sebelum pemotongan untuk mengetahui batas susutnya.

4. Penyimpanan
Bila pakaian berbahan chiffon memiliki beban payet atau detil yang cukup berat, sebaiknya pakaian tersebut disimpan dalam keadaan terlipat dan dilapisi kertas khusus yang bisa mencegah payet tersangkut. Namun, bila pakaian tersebut tidak memiliki payet atau detil yang berat, simpan dengan menggantungnya pada hanger berlapis busa.



Source: Vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar