Tips Merawat Tas Kulit

Merawat pakaian berbahan kulit tidak semudah merawat pakaian dengan material kain biasa. Perawatan ekstra dengan menggunakan produk perawatan khusus diperlukan agar fashion item
berbahan kulit dapat tahan lama hingga bertahun-tahun.
source: bicyclehero.com

Karenanya, lakukan beberapa teknik pencucian dan perawatan berikut agar material kulit kesayangan bisa bertahan lama. Berikut tipsnya untuk Anda:


#1. Lap kulit dengan kain basah, lalu usapkan sabun cuci hingga berbuih. Pastikan kulit tidak terlalu basah. Gunakan kain bersih yang sudah dibasahi sebelumnya untuk membersihkan sabun. Pastikan tidak ada sabun yang tersisa.

#2. Untuk noda yang tidak terlalu parah, Anda bisa membersihkannya hanya dengan lap basah.

#3. Keringkan jaket dengan diangin-angini secara alami. Jika sudah kering, oleskan pelembab bahan kulit pada seluruh lapisan kult agar bahan kulit tidak kering.

#4. Untuk menghilangkan bau tak sedap, yang biasanya muncul akibat keringat dan jamur, bersihkan lapisan kulit dengan campuran seimbang antara cuka dan air. Bersihkan dengan kain basah bersih. Jika bau yang muncul terlalu menyengat, Anda mungkin bisa membawanya ke laundry dan meminta dry cleaned.

#5. Jika bau muncul dari lapisan dalam jaket, Anda bisa menyemprotkan odor-absorbing spray. Jangan terlalu banyak menyemprotkannya agar jaket tidak menjadi basah.

Jaga Kelembaban

Jika tidak digunakan, Anda tetap harus melakukan perawatan agar bahan kulit tidak mengalami kekeringan. Berikut caranya.

#1. Sebelum melakukan perawatan, ada baiknya Anda membaca label perawatan yang biasanya terletak di bagian dalam pakaian. Ikuti petunjuk perawatannya.

#2. Jika label perawatan tidak ada, Anda bisa melakukan hal berikut. Bersihkan pakaian tersebut secara berkala dengan menggunakan kain lap basah. Lalu, oleskan pelindung noda di setiap lapisan kulit untuk mencegah bintik-bintik air atau noda. Cegah kerusakan dengan semprotan pelindung yang tak berbau, dan tak berwarna sebelum Anda menggunakannya.

#3. Gantung pakaian Anda dengan gantungan berlapis busa untuk
memertahankan bentuknya. Simpan pakaian tersebut di dalam kantung
pakaian yang memungkinkan material kulit untuk bernapas. Hindari
penggunaan kantung plastik.

#4. Biarkan pakaian kulit Anda kering alami di udara, hindari mengeringkannya dengan blow dry atau sumber panas lainnya.

#5. Selalu oleskan pelembab kulit, jika bahan kulit sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kering.

#6. Bersihkan noda sesegera mungkin dengan kain basah, lalu keringkan secara alami.

#7. Rawat kulit Anda di ahli pembersih kulit setiap tahun sekali. Lepaskan kantong pembersih plastik sebelum Anda menyimpan jaket untuk waktu yang lama.

DO: Tingkat kelembaban yang tinggi dapat merusak kulit. Jadi, simpan pakaian berbahan kulit Anda di tempat yang tidak lembab.

DON'T: Jangan gunakan pembersih rumah tangga pada pakaian kulit Anda. Gunakan produk perawatan khusus untuk bahan kulit.

Source: vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar