Persiapan Sebelum Ikut 'Perang' di Acara Sale

Walaupun tentunya lihat-lihat juga di mana dan seperti apa sale nya itu sendiri. Kalau di departement store yang sudah terkenal bagus barangnya dan besar salenya, tentu semangat. Tapi kalau yang sale produk-produk atau brand yang tidak dibutuhkan, ya males juga.
Image credit: cartoonstock.com

Apapun itu, yang pasti saat ada SALE tentu minimal ingin tahu terlebih dahulu. Nah buat yang sudah tahu dan tertarik ikut, seringkali ada rasa malas. Biasanya selain karena ramai sekali dan lama menunggu antrian ruang ganti dan kasir, lebih sering karena besarnya kemungkinan kejadian kehilangan barang saat sedang asyik-asyiknya mengaduk tumpukan barang.

Nah berikut ini tips pribadi saya untuk perlengkapan yang harus disiapkan sebelum ikut berperang di acara sale:

· Pastikan pakaian yang dikenakan nyaman.

Bisa kenakan t-shirt dan celana selutut atau yang paling baik kenakan one piece dress seperti Mini dress atau Trapeze Dress, agar mudah saat ingin mencoba pakaian nantinya.

· Kenakan sendal atau sepatu tanpa hak.
Selain lebih nyaman saat berjalan dan berdiri, juga akan membantu banyak saat harus mengantri menunggu ruang ganti ataupun mengantri kasir. Percayalah, anda pasti akan berdiri diam selama lebih dari 30 menit dalam satu barisan. Selain itu lebih mudah juga saat ingin mencoba pakaian.

· Ikat rambut
Bagi anda yang berambut panjang, lebih baik ikat rambut anda agar tidak mengganggu konsentrasi anda. Bagi yang berambut pendek mungkin bisa menjepit bagian poni agar tidak menusuk mata.

· Kenakan shoulder bag yang pas di ketiak.
Sedapat mungkin kenakan tas bahu yang tepat di bawah ketiak, sehingga bisa terjepit dan kecil kemungkinan untuk dirogoh orang lain. Kalau tidak memungkinkan, kenakan tote bag dengan resleting yang memungkinkan barang belanjaan anda nantinya bisa dimasukkan.

· Letakkan uang di sebuah dompet besar.
Jangan gunakan dompet lipat biasanya, melainkan simpan di dompet besar seperti pouch. Selain lebih sulit untuk dicopet, juga lebih mudah mengambil saat pembayaran dan menyimpan kembalian.

· Pisahkan kartu kredit di tempat penyimpanan kartu.
Pisahkan karti kredit anda dari dompet dan letakkan di sebuah tempat kumpulan kartu, seperti tempat kumpulan kartu nama. Ini akan mempermudah anda saat melakukan transaksi, sekaligus lebih aman.

· Hindari penggunaan jam tangan, gelang, kalung.
Lebih baik kenakan cincin dan anting kalau memang dibutuhkan. Jam tangan, gelang, dan kalung merupakan sasaran empuk pencopetan, selain itu terkadang mengganggu saat anda ingin mengambil barang yang tertumpuk, ataupun saat melakukan fitting.

· Bawa sebotol kecil air minum.
Khusus apabila sale nya diadakan malam hari, jangan lupa bawa air minum. Nantinya setelah selesai berbelanja, air putih ini akan seperti air surga bagi anda.

· Mencoba terlebih dahulu
Apabila anda benar – benar berniat berbelanja, lebih baik pergi dulu sehari sebelumnya atau berangkat lebih pagi dari waktu yang ditetapkan. Anda bisa melihat – lihat dan mencoba terlebih dahulu produk – produk yang diinginkan, sekaligus bisa langsung membawanya berjalan – jalan sampai waktu pembayaran tiba.

· Fitting Instant
Untuk produk - produk tertentu seperti kaos, atau stretchable produk, anda bisa melakukan fitting instant. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, yang pertama adalah dengan mengukur menggunakan ruas telapak tangan anda untuk melakukan perbandingan antara pakaian yang anda kenakan dengan yang ingin anda beli. Yang kedua adalah dengan melipat kaos di lipatan lingkar dada, dan mengepaskannya dengan lingkar dada anda. Apabila anda termasuk yang bertubuh gemuk, lakukan lipatan di bagian lingkar perut juga. Khusus untuk celana dan dress, selalu lakukan fitting, karena celana dan dress harus dicoba kenyamanannya maupun jatuh bahannya pada keseluruhan tubuh anda.

· Pilih nomor dan warna berbeda
Saat mencoba suatu produk, selalu bawa serta nomor dan warna yang berbeda yang ingin anda coba. Ini untuk mengurangi proses bolak balik dan mengantri. Apabila ada batasan berapa banyak barang yang bisa dicoba, pastikan untuk mengetahui ukuran yang pas terlebih dahulu, karena pada umumnya pattern dalam satu brand hampir sama. Untuk brand yang berbeda, lakukan fitting lagi.

· Bawa kamera atau handphone berkamera
Gunakan fungsi kameranya untuk memotret anda dengan pakaian yang ingin anda beli saat sedang mencobanya di ruang ganti. Seringkali anda tidak dapat membawa teman saat mencoba, ataupun ingin memperlihatkannya pada kekasih anda namun ruang tersebut dibuat khusus wanita. Daripada susah menjelaskan, lebih baik kasih lihat gambarnya. Selain itu jadi membantu anda juga untuk melihat bagaimana tampilan diri anda di pakaian tersebut.

· Ikat kuat dan kepit barang belanjaan di antara kaki.
Apabila barang belanjaan anda sudah terlalu banyak dan anda masih belum selesai berbelanja, ada baiknya barang dijadikan satu dan dikepit diantara kaki anda saat memilih – milih barang. Usahakan agar kantong – kantong belanja anda ditutup dan diikat terlebih dahulu kemudian dikepit apabila anda sedang memilih. Saat ramai, lebih baik menghindari opsi penitipan barang karena besar kemungkinan terjadi kesalahan pengambilan barang dll. Apabila dibutuhkan, lebih baik masukkan barang ke mobil terlebih dahulu, baru lanjutkan berbelanja kembali.


Sumber: www.fasity.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar