Kamus Lengkap Penggila Sepatu

Bagi banyak wanita, membeli sepatu baru terkadang menimbulkan efek pembangkit mood yang luar biasa. Itulah sebabnya banyak tergila-gila dan kecanduan pada sepatu.

Di saat fashion menjadi sebuah tuntutan hidup, perannya yang hanya sebuah alas kaki pun bergeser menjadi pelengkap penampilan. Sepasang sepatu tidak hanya mentransformasi penampilan, tetapi juga membantu Anda mendapatkan perhatian publik. Jadi, sudah saatnya Anda memperhatikan sepatu yang cocok dengan busana dan aksesori yang dikenakan.

Untuk mengetahui sepatu-sepatu yang cocok untuk Anda dan sebelum berbelanja, tidak ada salahnya mengetahui jenis-jenis sepatu yang bisa menunjang penampilan.

1. The Ankle Strap Shoes
The Ankle Strap Shoes
Jenis sepatu ini memiliki satu atau dua tali pada pergelangan kaki yang dapat dikencangkan. Selain berfungsi untuk mengencangkan sepatu, tali ini juga berfungsi sebagai pemanis pergelangan kaki. Sepatu
Ankle Strap ini cocok dipakai oleh wanita dengan kaki yang kurus dan panjang.

Jika ingin menghadiri pesta sehabis jam kerja, tidak perlu khawatir, karena sepatu ini cocok digunakan ke kantor, dan untuk menghabiskan malam saat berkumpul bersama kolega-kolega bisnis atau teman-teman sehabis bekerja seharian.

Anda dapat memadupadankan sepatu ini dengan rok mini, rok pencil selutut, dan gaun cantik. Tapi, sepatu ini tidak cocok saat dipadukan dengan loose jeans (jeans longgar), celana kargo, harem, celana panjang dengan siluet lurus yang lebar.

2. Ballet Flat Shoes
Sepatu Wajib Punya - Flat Shoes
Jika Anda termasuk pribadi casual, simpel, dan lebih mengutamakan kenyamanan saat menggunakan sepatu, sepatu ballet flat bisa jadi pilihan pas untuk Anda. Sepatu ini cocok digunakan dengan jenis baju apapun. Jeans, celana kapri, dan baju casual lainnya sangat cocok dipadupadankan dengan sepatu ini.

Sepatu ini memang lebih banyak digunakan remaja perempuan, tetapi wanita eksekutif seperti Anda tetap dapat bergaya dengannya. Pilihlah ballet flat yang dihiasi dengan permata-permata cantik atau pita.

3. The French Heel
The French Heel
Banyak wanita menggunakannya, tapi tidak mengetahui namanya. Sepatu ini memiliki tinggi hak yang medium dan biasanya berbentuk lengkung dan kotak di bagian bawah haknya. Sepatu yang dikembangkan oleh King
Louis XIV ini dapat digunakan untuk beraktivitas di kantor dan cocok digunakan dengan pakaian apapun.

4. The Kitten Heel
Sepatu ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan sepatu french heel, namun sesuai dengan namanya, hak pada sepatu ini sangat kecil dan berbentuk seperti busur panah. Biasanya, sepatu ini memiliki tinggi
kurang dari 3 cm.

Sepatu ini sangat cantik, feminim dan sebagai alternatif jika Anda bosan menggunakan sepatu ballet flat dan ingin menggunakan sepatu bertumit pendek. Anda dapat menggunakan pakaian apa saja dan memadupadankannya dengan jenis sepatu ini.

5. The Stiletto Heel
Stiletto Guild Platinum Stuart Weitzman
Stiletto adalah istilah yang digunakan untuk sepatu dengan hak yang sangat tipis. Sepatu yang sangat feminim ini membuat pemakainya terlihat ramping. Dengan mengenakan jenis sepatu ini, Anda akan
terlihat elegan dan seksi.  Namun, untuk beberapa wanita, penggunaan stiletto yang terlalu sering akan mengakibatkan sakit pada bagian pinggang.

6. The Wedge Heel
Sepatu Wajib Punya - Wedges
Wedge dapat menjadi 'teman' sangat pas untuk diajak hang out karena haknya yang tebal dan rata dari bagian jari ke bagian tumit. Jalan dengan menggunakan wedge lebih mudah ketimbang menggunakan stiletto. Namun, wedge tetap memberi kesan ramping pada kaki dan tinggi yang sesuai tanpa terlihat aneh.

Anda dapat memadukannya dengan Bohemian style, pencil skirt, A-line skirt, celana dengan potongan yang lebar, jeans, skinny pants.

7. The Mary Jane
The Mary Jane
Jenis sepatu ini dapat berupa flat ataupun berhak. Namun yang pasti, sepatu ini memiliki tali di bawah pergelangan kaki, dan ujung kaki bulat atau sedikit kotak. Sepatu jenis ini terlihat sangat kasual.
Menggunakannya dengan legging, skinny jeans, rok mini, akan membuat penampilan terlihat cantik. Namun, jangan menggunakannya dengan harem, celana kargo, dan celana berpotongan lurus dan lebar.

8. The Mule
The Mule
Mule atau biasa kita sebut dengan selop sangat mudah digunakan karena hanya tertutup pada jari-jari kaki, tidak pada tumit. Bagian pada jari kaki bisa seluruhnya tertutup atau dapat berupa open toe atau peep
hole shoe.

Sepatu jenis ini dapat disesuaikan pada situasi apapun. Anda dapat terlihat kasual dengan memakai selop yang tidak terlalu banyak detail, atau dengan bentuk desain seperti sneaker. Anda pun dapat memakainya pada pesta dengan memilih yang dihiasi batu-batu permata, atau warna glamor.


9. The Pump
Tren Sepatu
Tertutup di semua sisi kaki, dapat menggunakan tali pada pergelangan atau antara pergelangan dan jari, serta menggunakan hak, membuat istilah ini sering digunakan untuk segala jenis sepatu. Namun biasanya, pump dilengkapi dengan hak stiletto.

10. The Peep-Toe Shoe dan Open Toe
Sepatu Ramah Lingkungan
Sepatu peep-toe memiliki lubang kecil berbentuk bulat yang akan memperlihatkan jari kaki, biasanya ibu jari atau jari tengah yang hanya akan terlihat. Berbeda dari peep-toe, jenis open toe yang biasanya memiliki lubang lebih besar dan memperlihatkan keseluruhan jari kaki pemakai.

Untuk dapat memakai sepatu ini, pastikan jari-jari kaki Anda terawat dan bersih. Kaki yang ramping akan terlihat sangat indah dengan sepatu ini. Sepatu ini cocok dipakai untuk pesta, jalan-jalan santai, atau ke kantor, tergantung pilihan detail dari sepatu yang dikenakan.

11. The Platform Shoe
Platform Shoe
Istilah platform bukanlah untuk jenis hak yang digunakan tetapi untuk bagian sol. Sepatu platform adalah sepatu dengan sol yang tebal di depan sepatu, biasanya dipadukan dengan hak wedge (hak tebal), atau stiletto. Jika dipadukan dengan hak wedge maka dapat disebut platform wedge.

Penggunaan sol yang tebal pada sepatu ini mempermudah pemakaiannya. Pemakai jadi tidak mudah capai, namun tetap menarik dan dapat tampak tampil lebih tinggi. Dengan menggunakan sepatu ini, Anda akan terlihat lebih ramping dan tentunya tinggi semampai. Sepatu ini cocok dipadukan dengan celana apapun kecuali celana kargo.

12. Sandal
Gaya sandal
Membaca kata sandal pasti yang ada dipikiran kita adalah flip-flop atau sandal jepit. Sangat santai tapi nyaman digunakan pada saat berlibur atau jalan-jalan santai di lingkungan rumah.

Sandal jepit memang sangat populer di kalangan masyarakat. Saking populernya, sandal ini dibuat berbagai desain cantik, sehingga yang tadinya hanya dapat digunakan di pantai, sekarang Anda dapat memakainya untuk kegiatan sehari-hari, bahkan tak sedikit artis Hollywood yang menjadikan sandal sebagai alas kaki favorit mereka.

Jenis sandal tidak hanya flip-flop, gladiator yang sempat 'in' di 2009 juga termasuk sandal yang sangat nyaman digunakan dan cocok untuk berjalan-jalan. Sandal-sandal ini dapat digunakan dengan skinny jeans,
rok casual, dan gaun mini yang funky. Sebenarnya pemakaian sandal di acara formal atau pesta adalah 'big NO NO', karena Anda akan terlihat tidak menghormati pengundang dan undangan lainnya.

13. The Sling-Back
The Sling-Back
Jenis sepatu ini perpaduan antara mole dan pump. Tertutup di bagian depan kaki, namun memiliki tali pengikat yang di bagian belakang kaki.

14. The T-Bar Shoe
Sepatu ini memiliki kemiripan dengan sepatu mary jane, namun tali pengikat yang berada di tengah-tengah pergelangan dan jari kaki berbentuk huruf T.

15. Boot
Sepatu boot
Siapa yang tidak tahu sepatu ini. Sempat populer beberapa tahun terakhir karena modelnya yang unik dan cocok untuk dipakai saat menghabiskan waktu bersama teman-teman. Sepatu boot setinggi lutut tidak hanya digunakan untuk menghangatkan badan dari cuaca dingin, tetapi juga dapat fashionable. Namun, anda akan menjadi fashion victim juka menggunakan boot tinggi disaat cuaca panas. Jadi pastikan penggunaan boot bukan
hanya sebagai alat fashion tetapi juga sesuai dengan fungsi awalnya.

Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis ankle boot menjadi salah satu pilihan tepat. Anda dapat memilih menswear style (seperti oxford) namun memiliki hak boot. Anda juga dapat memilih perpaduan antara
sepatu gladiator dan boot untuk jalan-jalan di sore hari dan padukan dengan celana pendek.

16. Oxford
Oxford Shoe
Jika anda sering melihat sepatu kerja para pria, berarti anda sering melihat jenis sepatu oxford. Sepatu jenis ini dikembangkan untuk dapat digunakan wanita. Oxford akan memberikan kesan maskulin pada wanita,
namun tetap terlihat cantik. Perpaduan antara oxford dengan skinny jeans, legging, mid-lenght skirt (rok selutut), atau rok mini akan membuat penampilan berbeda, namun tetap menarik.


Sumber: vivanews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar