Tips Menyimpan Busana Pesta

Jangan dikira karena jarang dipakai maka busana pesta itu aman-aman saja dalam lemari. Justru karena jarang dipakai itulah, baju pesta sering luput dari perhatian. Tahu-tahu saat Anda hendak mengenakannya lagi, ada bagian yang bolong karena ngengat, atau bulukan dan berdebu.

Umumnya, baju pesta masuk dalam daftar baju kebanggaan. Itu sebabnya, butuh perawatan ekstra. Apa yang harus dilakukan untuk merawat baju pesta, berikut kiatnya:

1. Sebelum digantung di lemari, simpan baju pesta dalam plastik atau tempat khusus dari bahan nilon beresleting. Langkah ini dilakukan untuk mencegah binatang kecil berumah di baju Anda dan menghindari debu.

Bila Anda membeli baju pesta dari desainer terkenal atau dari butik dengan merek terkenal, jangan lupa meminta kantong penyimpanannya sekalian. Gantung dengan hanger dari bahan yang lembut. Tempatkan dibagian paling ujung gantungan baju lemari agar tidak lekas kusut.

2. Memasukkannya ke dalam plastik bukan langkah 'mati'. Busana pesta dan formal yang akan disimpan membutuhkan ruang untuk bernafas. Menyimpannya dalam plastik dalam waktu lama tidak menguntungkan. Sesekali, keluarkan pakaian itu agar sedikit berangin-angin.

3. Tempatkan tisu pada bagian pundak dan leher baju. Gaun malam umumnya terbuat dari bahan yang sangat lembut, sehingga sentuhan dalam waktu lama dengan hanger yang keras dikhawatirkan bakal 'melukai'-nya. Bisa juga Anda memanfaatkan busa untuk dibalutkan pada hanger sebelum digunakan untuk mencantelkan gaun.

4. Jangan disimpan dengan cara digantung di hanger, jika gaun terbuat dari bahan jersey dan rajutan. Digantung justru akan membuat baju berubah bentuk. Lipat rapi baju, bungkus dengan kain lembut, dan tempatkan di rak paling atas lemari Anda.

5. Mencuci baju dengan cara dry clean tiap kali baju dipakai bukan langkah yang tepat. Jika gaun hanya dipakai sekali dan hanya untuk menghadiri jamuan pesta tak lebih dari dua jam, maka langkah yang paling tepat adalah mengangin-anginkannya saja, disetrika dengan setrika beruap dan kembali disimpan.


Sumber: e-xgeneration.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar