Memilih Pakaian Sesuai Profesi


Cara kita berpakaian merupakan cerminan pribadi. Bila mengenakan pakaian yang sesuai, citra diri anda akan semakin mantap dan tampak lebih percaya diri. Karena itu para ahli penampilan menganjurkan agar anda berpakaian sesuai dengan kepribadian. Di samping itu anda perlu menyesuaikannya dengan kondisi dan keadaan di mana anda berada, terutama di tempat anda bekerja.


Tak heran jika para profesional terutama wanita sangat memperhatikan setiap detail pakaian (pakaian wanita) yang dikenakannya ke kantor. Berikut ini adalah beberapa gaya wanita dalam berpakaian (memilih pakaian wanita atau model busana) sesuai dengan profesi dan lingkup pekerjaan:

Gaya Formal
Gaya formal umumnya dipakai oleh anda yang berprofesi sebagai sekretaris, penasihat hukum, pegawai bank, pengajar dan profesi lain yang bersifat resmi dan menuntut anda bertemu dengan berbagai jenis kalangan. Untuk profesi ini sebaiknya anda mengenakan setelan dengan model busana yang tidak terlalu rumit.  Two pieces dengan potongan tallored lebih mengesankan profesionalisme anda.  Pilihlah warna-warna klasik seperti cokelat, hitam, atau navy blue. Hindari corak yang ramai tetapi corak kotak-kotak samar bisa anda pilih jika anda ingin bahan bermotif. Panjang rok bisa sedikit di atas atau di bawah lutut. Gunakan sepatu dengan hak antara 5-7 cm. Lengkapi dengan aksesori secukupnya. Tentunya Anda bisa membeli di butik pakaian biasa, maupun butik baju online.

Gaya Kreatif
Perancang mode, stylist, copy writer dan mereka yang bekerja di bidang seni  dapat memilih gaya ini dalam berbusana. Sesuai dengan bidangnya, umumnya gaya mereka lebih kreatif dan funky. Celana panjang atau rok dapat anda gunakan sepanjang tidak mengganggu gerakan. Pemilihan warna dan corak bisa lebih meriah dan ekstrim. Vest, semi blazer, cardigan, rok mini sampai celana panjang bermotif kotak-kotak akan membuat anda lebih gaya, sesuai dengan lingkungan pekerjaan yang menuntut anda tampil lebih modis. Scarf juga dapat anda gunakan sebagai pelengkap gaya. Untuk alas kaki gunakan sepatu bertumit rendah dengan ujung yang tidak runcing. Beginilah model busana yang cocok untuk mereka yang atraktif.

Gaya Lapangan
Gaya berbusana untuk pekerja lapangan cenderung lebih praktis dan simpel. Anda yang berprofesi reporter, fotografer, desain interior, arsitek atau anda yang lebih banyak bekerja di lapangan dapat memilih gaya ini. Tampil maskulin dengan setelan celana berpipa kecil, blus lengan pendek dan vest bercorak akan membuat anda tampak modis namun tetap terlihat profesional. Untuk warna anda bisa lebih bebas memilih seperti warna netral, cerah maupun lembut. Aneka model sepatu dapat anda gunakan sesuai kesempatan, bisa bertumit tinggi, rendah, maskulin bahkan sepatu kets.


Dari kesemua gaya tersebut ada satu hal yang tidak boleh tertinggal yaitu rasa percaya diri. Karena jika anda sudah tampil abis-abisan tapi tak pede percuma saja, anda akan tampak canggung. Oke, selamat bergaya…!

Sumber: ritanofasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar