Tips Menyimpan Sepatu

        Sepatu sudah menjadi bagian penyempurna penampilan Anda. Penampilan bisa jeblok lantaran memakai sepatu yang salah. Namun, satu kebiasaan yang tidak sehat adalah menggunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut-turut karena bukan saja sepatu kulit Anda mengeluarkan bau tak sedap, sepatu pun menjadi cepat melar!



           Bahan kulit mudah menyerap keringat dan bila dipergunakan terus menerus akan menyebabkan sepatu kering dan pecah-pecah. Perlu waktu setidaknya satu hari untuk menguapkan cairan yang tertahan dalam sepatu hingga kering sempurna.

           Utuk mencegah agar sepatu tak mudah berbau, jangan pernah memakai sepatu bila kaki sedang basah. Hal itu dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu Anda menjadi berbau tak sedap.

Memiliki masalah kaki yang selalu berkeringat? Sebelum memakai kaos kaki atau sepatu, sebaiknya keringkan dahulu kaki Anda. Taburi dengan bedak tabur agar kaki Anda tetap kering dan segar kondisinya.
Untuk pertahanan ganda, gunakan obat khusus berupa semprotan pewangi pewangi atau foot spray pada bagian dalam sepatu Anda. Setelah itu jangan langsung dipakai, segera angin-anginkan agar kering.

          
          Untuk mengatasi masalah sepatu yang berbau, ada cara sederhana tapi harus dilakukan rutin. Yaitu, bungkuslah bubuk kopi-- tetapi jangan yang instan pada secarik tisu.Masukkan ke dalam sepatu Anda. Diamkan semalaman. Lakukan hal itu setiap hari. Dijamin sepatu Anda tidak akan bau lagi.

          Namun, bila Anda tidak punya bubuk kopi asli, bisa juga diganti dengan seuntai teh celup pada masing-masing sepatu. Biarkan selama semalam. Sepatu akan tercium bau segar.





Supaya Awet

           Selain harus harum, sepatu juga harus dijaga agar tetap terjaga keindahannya. Jika sepatu kesayangan Anda terbuat dari bahan kulit, simpanlah sepatu di tempat yang kering dan tidak lembab. Tapi hindari menjemur sepatu di bawah terik matahari langsung. Angin-anginkan saja agar sepatu tidak lembab dan berjamur. Tidak tega kan melihat boots Rotelli Anda jamuran?

           Membersihkan sepatu tidak sama dengan membersihkan diri Anda saat mandi dengan air. Jangan mengelap sepatu kulit dengan menggunakan air! Gunakan bahan lembut untuk mengelapnya.

           Khusus untuk sepatu berwarna putih, laplah dengan memakai odol putih hingga merata agar kulit sepatu tidak pecah-pecah dan lebih awet. 

           Untuk sepatu dari bahan suede, penanganannya harus lebih hati-hati lagi. Hindari terkena air secara langsung. Gunakan sikat sepatu yang halus untuk menghilangkan debu yang menempel. Seperti juga yang lainnya, jemurlah sepatu di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

          Sebelum memakai sepatu kulit baru, oleskan kondisioner agar kulitnya lebih lemas dan lembut di kaki. Pilih kondisioner yang dari bahan alami agar dapat "bernapas". Produk dari silikon akan menumpuk di permukaan kulit.

          Gunakan sendok sepatu saat akan memakai sepatu. Alat ini membantu menjaga bentuk hak dan menghindari kerusakan di bagian tumit sepatu.
 
         Teknik menyimpan sepatu yang benar sebelum dimasukkan dalam kotaknya, pertama, sepatu harus dibersihkan dulu dengan sikat sepatu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Setelah itu sepatu dibersihkan dengan pembersih khusus untuk kulit dengan menggunakan kain yang lembut.
 
          Bila sepatu terbasahi oleh air hujan, segera keringkan dengan cara memasukkan beberapa lembar tisu ke dalamnya untuk menyerap air. Gunakan shoe tree untuk menjaga agar bentuk sepatu dan bagian ujungnya tidak melengkung. Masukkan sepatu dalam kantung kain, kotak sepatu atau kantung plastik dan simpan di tempat kering. Jangan simpan sepatu di dekat sumber panas agar kulitnya tidak mengering.















Sumber: suarakarya-online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar