Tips Cermat Membeli Sepatu

Jika ingin membeli sepatu, perhatikan saat yang tepat untuk mencobanya. Karena disaat pagi, siang, sore bahkan malam hari kondisi kaki Anda selalu berubah. Berikut tips cermat sebelum membeli sepatu:

1. Jangan pernah menyuruh orang lain membelikan sepatu untuk Anda dengan patokan ukuran tertentu. Sebab, masing-masing pabrik sepatu mempunyai standar ukuran yang berbeda.

2. Saat mencoba sepatu, lakukan dengan berdiri. Untuk patokan ukuran, percayalah pada kaki kanan Anda, karena biasanya kaki sebelah kanan lebih besar daripada sebelah kiri.

3. Jika ingin ke toko sepatu, pergilah disaat siang atau sore hari. Hindari membeli sepatu pada pagi hari. Karena disaat siang atau sore hari, kaki sudah mengembang karena aktivitas yang Anda lakukan seharian. Jadi sepatu yang Anda beli tidak akan kesempitan. Pergi ke toko sepatu pada malam hari juga kurang dianjurkan, karena warna sepatu yang ada digerai banyak dipengaruhi cahaya lampu.

4. Cobalah sepatu di kedua kaki Anda. Jangan hanya mencoba salah satunya. Setelah mencoba kedua-duanya, berjalan-jalanlah sebentar di dalam toko untuk memastikan apakah sepatu benar-benar nyaman dipakai. Jangan membeli sepatu yang ada di pajangan karena pasti sudah sering dicoba oleh pengunjung sehingga sepatu itu sudah melar. Mintalah pramuniaga untuk mengambilkan sepatu baru yang ada di gudang persediaan.

5. Jika Anda membeli sepatu dari bahan sintetis, biasanya ukuran sepatu tersebut tidak akan berubah. Pilih nomor yang benar-benar pas di kaki Anda. Namun jika sepatu tersebut terbuat dari kulit asli, biasanya ukurannya akan cepat mengembang sesuai dengan ukuran kaki.

6. Jika memilih sepatu kulit, pilihlah sol dan hak yang kokoh, bantalan yang cukup tebal dan baik sehingga sanggup memberikan fleksibilitas pada telapak kaki. Sol yang terlalu tipis atau kaku membuat kaki mudah nyeri.

7. Jika telapak kaki Anda lebar, pilih sepatu dengan ujung agak ramping. Fungsi dari ujung sepatu tersebut adalah untuk menyamarkan bentuk kaki Anda. Jika kaki Anda pendek, pilih sepatu dengan hak tidak terlalu tebal karena makin memperjelas bentuk kaki. Bila kaki panjang dan indah, pilihlah sepatu yang bagian belakangnya terbuka sehingga tungkai akan terlihat lebih kecil dan cantik.

8. Beli sepatu sesuai dengan busana yang akan Anda pakai. Sepatu jenis tertutup dengan hak tinggi boleh dipadukan dengan gaun malam atau busana kantor. Sepatu yang terbuka dapat dipadukan dengan busana semi formal. Sedangkan, sepatu terbuka berbentuk persegi dengan hak rendah, sangat cocok untuk busana santai.


Sumber: vivanews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar