Tips Merawat Pakaian Berwarna Gelap

Sudah menjadi rahasia umum apabila baju berwarna gelap memberikan kesan elegan dan langsing pada si pemakainya. Oleh karena itu di setiap lemari Anda, tentunya Anda menyimpan beberapa koleksi baju ataupun celana berwarna gelap, mungkin t-shirt, kemeja atau jeans. Memiliki baju dan celana berwarna gelap memang menguntungkan bagi Anda, tetapi terkadang juga bisa membuat Anda jengkel, terutama warnanya mudah sekali pudar apabila dicuci dan diseterika berulang-ulang.



Merawat pakaian berwarna gelap sama sulitnya dengan pakaian berwarna putih, keduanya sama-sama memiliki tantangan tersendiri. Jika mengenakan baju berwarna putih pada umumnya kita takut pada noda, sedangkan pada pakaian berwarna gelap kita takut warnanya cepat pudar. Sebenarnya hal itu dapat diatasi dengan beberapa cara berikut ini.

Mencuci
Mencuci pakaian berwarna gelap kita tak boleh sembarangan, ada langkah-langkah yang harus kita lakukan agar pakaian tetap berwarna gelap dan tak pudar.
  • Jangan merendam pakaian berwarna gelap lebih dari 15 menit
  • Gunakan deterjen untuk pakaian berwarna, hindari deterjen yang mengandung pemutih pakaian
  • Saat menjemur pakaian, hendaknya bagian luar baju dibalik dan diletakkan di dalam, kemudian gantung dengan hanger
Menyeterika
Seringkali kita lupa dan tak menyadari bahwa panasnya seterika juga dapat merusak warna pakaian.
  • Atur suhu seterika dan pasang pada suhu medium, jangan terlalu panas
  • Selalu balik baju saat menyeterika (seperti pada saat menjemur), kemudian baru dibalik lagi saat melipat)
Menyimpan
Menyimpan pakaianpun kita harus lebih cermat dan tanggap, harus ada perlakuan khusus agar pakaian tetap bersih dan awet.
  • Jangan menyimpan pakaian di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung, namun jangan pula menyimpan di tempat yang lembab karena jamur akan merusaknya. Perhatikan suhu lemari, simpan penyerap air agar lemari tetap kering dan tidak lembab
  • Jangan menyemprotkan parfume atau cologne secara langsung pada baju karena alkohol dapat merusak warna baju
Semua pakaian berwarna gelap Andapun akan tetap tampak seperti baru.


Sumber: Agatha Yunita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar