Tips Menghilangkan Noda pada BAJU

Kita seringkali kebingungan kalau ada noda di BAJU kita. Jangan panik, kami punya beberapa tips menarik tentang cara menghilangkan noda di BAJU.


  1. Noda tinta -----> rendam baju dalam air selama 15 menit. Oleskan bagian yang ternoda dengan sabun colek, kucek sampai noda hilang.
  2. Noda minyak -----> taburkan bedak pada bagian yang ternoda, setelah itu kucek baju, lalu cuci baju dengan sabun deterjen. Anda juga bisa memakai bensin atau minyak tanah sebelum menggunakan bedak.
  3. Noda getah -----> teteskan minyak tanah pada bagian yang ternoda, lalu gosok perlahan dengan sikat gigi. Jika getah sudah hilang cucilah baju seperti biasa.
  4. Noda teh dan kopi -----> Jika baju terbuat dari katun atau kapas, rendamlah dalam larutan panas dari boraks atau asam tartaric. Jika terbuat dari sutera, wool atau sintetis gunakan larutan boraks hangat atau larutan ultraoksidasi edrogen (air oksigen) hangat.
  5. Noda lemak ----->baju  berbahan katun, cuci pakaian dalam air hangat yang dicampur sodium. Bahan sutera atau sintetis dapat dihilangkan dengan bensin dan bedak. Caranya usap bagian bernoda dengan kain yang dicelupkan dalam bensin lalu taburkan bedak, sikat dengan lembut.
  6. Noda darah -----> gunakan larutan penghilang warna untuk pakaian yang berwarna putih, dan larutan boraks hangat untuk yang berwarna-warni. Untuk baju yang tidak boleh dicuci gunakan adonan amonia, sikat lembut dan ulangi proses sampai noda hilang.
  7. Noda buah-buahan -----> gunakan larutan penghilang warna atau larutan boraks yang telah yang telah didihkan selama 5 menit.
  8. Noda susu -----> letakkan bagian teroda diatas bongkahan es dan tunggu sampai noda susu membeku, lalu hilangkan. Jika masih berbekas ulangi dengan menggunakan cuka asam.
  9. Noda cat -----> rendamlah baju yang terkena cat dalam kerosin. lalu sisa bagian yang membandel bersihkan dengan bensin.
  10. Noda luntur -----> jikabaju  kelunturan warna baju lain, maka anda dapat merendamnya ke dalam larutan asam cuka dicampur dengan deterjen selama 30 menit 
sumber: id.shvoong.com

    1 komentar: